Museum Hakka Akan Hadir di TMII



BERITAJAKARTA.COM — 06-08-2012 13:56
Gubernur DKI Jakarta menghadiri peresmian peletakan batu pertama pembangunan Museum Hakka Indonesia dan Pagoda Tujuh Tingkat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (6/8). Dibangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, keberadaan museum ini diharapkan dapat melestarikan sejarah etnis Tionghoa di Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, peletakan batu pertama ini menjadi momentum untuk meningkatkan suasana kehidupan yang saling menghargai dan saling menghormati. Terlebih, kata Fauzi, sejak dahulu, orang Hakka sebagai salah satu suku di Cina dikenal lebih mementingkan pendidikan ketimbang hanya melakukan bisnis atau berdagang saja.

"Karenanya pembangunan museum ini tepat sebagai sarana pembelajaran atau pendidikan. Saya juga berharap, Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera dapat terus memberikan kontribusi bagi peningkatan kerukunan umat beragama di Jakarta, dan Indonesia pada umumnya," ujar Fauzi Bowo, Senin (6/8).

Kehadiran Museum Hakka, kata Fauzi, nantinya juga diharapkan dapat menunjukkan semakin kuatnya kebersamaan dan toleransi sosial antar suku dan umat beragama di Indonesia.

Ketua Pembangunan Museum Hakka, Iwan Mahatirta menambahkan, museum ini dibangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi di areal Museum Tionghoa, TMII. Nantinya, kata Iwan, di dalam Museum Hakka akan terdapat banyak hal seperti informasi sejarah suku Hakka, koleksi foto, lukisan, benda-benda antik asal Tionghoa dan lain sebagainya. "Foto-foto maupun benda koleksi museum ini akan menceritakan perjalanan orang-orang Hakka ke bumi Nusantara," katanya.

Ditambahkan Iwan, rencananya, pembangunan museum ini akan rampung dalam satu tahun ke depan dengan menelan biaya sebesar Rp 30 miliar.

info jakarta, wisata

Blogger Tricks

.
 

© 2011 AGEN BISNIS PULSA MURAH - Designed by Perdana | Mukund | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us