Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Jatuh 19 Agustus



BERITAJAKARTA.COM — 11-08-2012 21:10
Jika pemerintah belum menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriah, organisasi Muhammadiyah telah memutuskan akan merayakan lebaran pada 19 Agustus 2012 atau hari Minggu. Keputusan ini diambil setelah melalui perhitungan hisab bulan, serta melihat posisi bulan.
"Kita sudah melihat bulan di 15 Ramadhan tampak penuh. Menurut ahli-ahli kita berpuasa 30 hari, sehingga kalau dihitung dari awal nanti 19 Agustus lebaran," ujar Agus Suradika, Ketua DPW Muhammadiyah DKI Jakarta, usai acara buka puasa bersama Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Sabtu (11/8).
Agus yang juga Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengatakan, Muhammadiyah memang sering berbeda dengan pemerintah. Namun hal tersebut hendaknya tidak dijadikan permasalahan yang berarti. "Karena bulan bergeser nol koma beberapa derajat saja itu sudah dihitung. Hanya beda dalam cara melihat saja," tukasnya.
Agus menambahkan, dalam kehidupan berbangsa warga Muhammadiyah juga sama seperti lainnya. Meskipun memiliki lembaga pendidikan dan fasilitas kesehatan, hal tersebut tidak dikhususkan untuk warga Muhammadiyah. "Kita melayani semua warga tanpa memandang ras atau pun agama," ucapnya.
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, peran Muhammadiyah di bidang pendidikan dan dakwah sangat baik dalam kehidupan berbangsa. Ia menilai Muhammadiyah cukup berperan menentukan keharmonisan bermasyarakat. "Jadi kalau ada perbedaan lebaran atau masalah penanggalan tidak perlu dipersoalkan. Yang penting bisa berjalan bersama dan menyatu dalam Islam," paparnya.
Dalam acara tersebut, gubernur juga sempat memberikan santunan serta kartu sehat ke beberapa warga. Selain itu kartu pendidikan gratis 12 tahun juga diberikan gubernur kepada perwakilan siswa dari Muhammadiyah.

info jakarta, info lebaran, info mudik

Blogger Tricks

.
 

© 2011 AGEN BISNIS PULSA MURAH - Designed by Perdana | Mukund | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us