Indosat dan Bakrie Telecom Dukung SMS Interkoneksi

Jakarta - Operator seluler Indosat dan penyelenggara fixed wireless access Bakrie Telecom mengaku siap mendukung penerapan tarif baru SMS lintas operator dengan skema interkoneksi berbasis biaya (cost based).

"Kami sudah siap melaksanakan SMS berbasis interkoneksi. Sistem sudah disiapkan dan test sudah dilakukan berhasil baik," kata Direktur Bakrie Telecom Rakhmat Junaidi kepada detikINET, Rabu (30/5/2012).

Director and Chief Commercial Officer Indosat, Erik Meijer, juga bilang Indosat siap mendukung migrasi dari skema sender keep all (SKA) ke cost based demi mengeliminir trafik SMS spam.

"Sebenarnya kita bisa lihat beberapa tahun belakangan ini banyak pelanggan merasa cukup diganggu oleh spam SMS yang terjadi. Hal ini bisa terjadi karena ada kebijakan SKA selama ini, sehingga beberapa operator menawarkan hampir unlimited SMS cross-operator," kata dia.

Perbedaan antara pola SKA dan cost based adalah SKA memungkinkan keuntungan diambil semuanya oleh operator pengirim SMS. Sedangkan jika berbasis interkoneksi, memungkinkan revenue sharing antara operator pengirim dan penerima.

Pola SMS cost based ini dianggap lebih adil bagi semua operator dan bisa menekan pengiriman SMS spam sebagai dampak dari penawaran bonus SMS gratisan yang tak terhingga dari para operator saat gencar promosi.

"Mestinya dengan adanya kebijakan baru. yaitu SMS interkoneksi, hal ini (SMS spam) akan berkurang secara signifikan. Jadi saya mendukung kebijakan ini," tandas Erik yang mulai enjoy dengan posisi barunya di Indosat.

info operator, internet

Blogger Tricks

.
 

© 2011 AGEN BISNIS PULSA MURAH - Designed by Perdana | Mukund | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us